"Pengertian Kurikulum dan Pengertian PAK"

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

1. Zais

Menjelaskan bahwa kurikulum bukan hanya merupakan rencana tertulis bagi pengajaran, melainkan sesuatu yang fungsional yang beroperasi dalam kelas, yang memberi pedoman dan mengatur lingkungan dan kegiatan yang berlangsung di dalam kelas.

2. George A. Beaucham (1976)

Kurikulum diartikan sebagai dokumen tertulis yang berisikan seluruh mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik melalui pilihan berbagai disiplin ilmu dan rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Murray Print

Menjelaskan bahwa kurikulum ialah ruang pembelajaran yang direncanakan, diberikan secara langsung kepada peserta didik oleh sebuah lembaga pendidikan dan merupakan pengalaman yang bisa dinikmati oleh seluruh peserta didik ketika kurikulum itu diterapkan.

4. Good V.Carter (1973)

Mengatakan bahwa kurikulum merupakan sekumpulan kursus ataupun urutan pembelajaran yang sistematik.

5. Inlow (1966)

Kurikulum merupakan suatu usaha menyeluruh yang dirancang secara khusus guna untuk membimbing peserta didik dalam memperoleh hasil belajar dari pembelajaran yang sudah ditetapkan.

6. Beauchamp (1968)

Menyatakan kurikulum adalah dokumen tertulis yang kandungannya berisi mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan berbagai mata pelajaran pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

7. Donald E. Orlasky, Othanel Smith (1978) & Peter F. Olivia (1982)

Menyatakan bahwa kurikulum pada dasarnya ialah suatu bentuk perencanaan maupun program dari pegalaman peserta didik yang diarahkan dan dikembangkan sekolah.

8. Neagley dan Evans (1967)

Mengemukakan kurikulum sebagai sebuah pengalaman yang telah dirancang dari pihak sekolah untuk membantu peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang baik.

9. Grayson (1978)

Menjelaskan kurikulum sebagai suatu perencanaan dalam memperoleh pengeluaran yang diharapkan dari suatu pembelajaran yang telah diaktifkan.

10. Crow and Crow

Kurikulum ialah suatu rancangan dalam pengajaran yang tersusun secara sistematis untuk menyelesaikan program dalam memperoleh ijazah.


Pengertian PAK menurut Para Ahli

1. Agustinus (345-430)

PAK adalah pendidikan yang bertujuan mengajar orang supaya “melihat Allah” dan “hidup bahagia.”

2. Martin Luther (1483-1548)

PAK adalah pendidikan yang melibatkan warga jemaat untuk belajar teratur dan tertib agar semakin menyadari dosa mereka serta bersukacita dalam Firman Yesus Kristus yang memerdekakan.

3. E.G.  Homrighausen mengatakan:

“Pendidikan Agama Kristen berpangkal pada persekutuan umat Tuhan. Dalam perjanjian lama pada hakekatnya dasar-dasar terdapat pada sejarah suci purbakala, bahwa Pendidikan Agama Kristen itu mulai sejak terpanggilnya Abraham menjadi nenek moyang umat pilihan Tuhan, bahkan bertumpu pada Allah sendiri karena Allah menjadi peserta didik bagi umat-Nya”.


    Menurut saya Kurikulum PAK adalah Pembelajaran yang direncanakan atau suatu usaha menyeluruh yang dirancang secara khusus dan diberikan secara langsung kepada peserta didik oleh sebuah lembaga pendidikan guna untuk membimbing peserta didik dalam memperoleh hasil belajar dari pembelajaran yang sudah ditetapkan mengenai Pendidikan Agama Kristen. 

 

DAFTAR PUSTAKA

Kristianto, Paulus Lilik. 2008. Prinsip & Praktek Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi.

Sukmadinata, Syaodih Nana.2005. Pengembangan Kurikulum Teori dan Prakte. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM

Pengertian Kurikulum & PAK menurut Para Ahli serta Sejarah Kurikulum & Perbedaan Kurikulum di Indonesia dengan di luar Negeri